Mengenai Saya

Foto saya
Seseorang hanya membutuhkan tiga hal untuk benar-benar bahagia di dunia ini: 1. Orang yang dicintai, 2. Sesuatu yang dicintai, 3. Sesuatu yang diharapkan.

Kamis, 23 September 2010

Climadan

Climadan Klindamisin

Komposisi :
Tiap kapsul mengandung :
Klindamisin HCI 169,5 mg yang setara dengan Klindamisin base
150 mg
Klindamisin HCI 339 mg yang setara dengan Klindamisin base
300 mg
Tiap 5 ml sirup kering mengandung :
Klindamisin palmitat 120 mg yang setara dengan Klindamisin base
75 mg



Farmakologi:

CLIMADAN merupakan suatu antimikroba dengan spektrum aktivitas yang mirip denqan sensitif entromisin tetap dengan aktivitas lebih besar terhadap organisme yang

CLIMADAN efektif terhadap Streptococcus pyogenes, Streptococcus pneumoniae Streptococcus vindans, H. Influenzae dan Staphylococcus aureus (baik yang sensitif maupun resisten terhadap eritromisin dan penghasil penisilinase) Terhadap anaerob (termasuk B. fragilis) aktivitasnya sebanding dengan metronidazol Percobaan invitro" menunjukkan bahwa CLIMADAN diakumulasikan di sel-sel PM N dan makrofag serta meningkatkan aktivitas P.M.N, sehingga meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Sifat-sifat ini mendukung penjelasan mengenai keberhasilan yang baik sekali dari kemanjuran klinisnya untuk infeksi-infeksi yang disebabkan oleh organisme sensitif CLIMADAN diabsorpsi hampir sempurna setelah pemberian oral, dan berbeda denqan entromisin dan linkomisin, absorpsi CLIMADAN tidak dipengaruhi oleh makanan Kadar puncak dalam plasma dicapai dalam 1 jam. Penetrasinya cepat ke dalam jarinqan dan cairan tubuh, tulang maupun nanah. Waktu paruhnya 2,5 jam dan dieliminasi terutama melalui hati.


Indikasi:
- infeksi-infeksi serius yang disebabkan oleh organisme-organisme sensitif seperti infeksi saluran napas atas dan bawah, otitis media, infeksi kulit, osteomielitis endokarditis, infeksi anaerob, serta infeksi-infeksi serius lainnya
- Profilaksis bedah dan pengobatan infeksi pasca bedah yang disebabkan oleh bakteri-bakteri anaerob.



Kontra indikasi:
- Penderita yang hipersensitif terhadap linkomisin dan klindamisin
- Penderita diare, gangguan fungsi hati dan ginjal.
- Atopik individual misalnya : asma dan alergi.
- Tidak diperuntukkan bagi pengobatan terhadap infeksi ringan yang disebabkan oleh bakteri dan virus.


Peringatan dan perhatian :
Keamanan pada wanita hamil dan menyusui belum diketahui dengan pasti Perlu dilakukan pengawasan terhadap kemungkinan timbulnya super infeksi denqan bakteri dan jamur.

Perlu dilakukan pemeriksaan hematologik berkala terutama pada penderita denqan gangguan ginjal dan hati. Hentikan pemakaian antibiotik ini, jika selama pengobatan timbul mencret secara berlebihan. Pada infeksi Streptococcus p haemoliticus hams dilanjutkan paling sedikit 10 hari untuk mengurangi kemungkinan timbulnya demam reumatik atau glomerulonefritis.


Efek samping :
Berupa reaksi hipersensitif: pruritus, rash dan urticaria. Gangguan gastrointestinal antara lain mual, muntah, diare serta kolitis Pemberian secara intravena dosis tinggi dapat menimbulkan flebitis.


Dosis :
Dewasa :
Infeksi serius 150 mg-300 mg tiap 6 jam.
Infeksi yang lebih berat 450 mg tiap 6 jam.
Anak-anak lebih dari 1 bulan :
Infeksi serius 8 mg-16 mg/kg berat badan/hari dalam 3-4 dosis terbagi.
Infeksi yang lebih berat 16 mg-20 mg/kg berat badan/hari dalam 3-4 dosis terbagi.


Kemasan :
Kotak berisi 10 strip x 10 kapsul @ 150 mg.
No. Reg.: DKL8904406001A1
Kotak berisi 5 strip x 10 kapsul @ 300 mg.
No.Reg.: DKL9104406001B1
Botol berisi sirup kering 60 ml.
No.Reg.: DKL8904405937A1


Simpan pada suhu kamar (maks. 30°C).

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar